Rabu, 06 Maret 2013

Komputer dari dulu hingga sekarang



Perkembangan Komunikasi
(KOMPUTER)
Alat Hitung Pertama di Dunia
Manusia telah lama menggunakan alat untuk membantu aktiviti harian mereka contohnya dalam kiraan. Antara contoh alat kiraan terawal ialah dacing, yang membolehkan berat sesuatu benda dibandingkan. Manakala sempoa ataupun dekak-dekak merupakan alat pertama yang digunakan untuk mengira. Sejarah perkomputeran memiliki erti yang sangat penting bagi kita. Selama dua dekad terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Pada masa orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.
Sejarah Purbakala Sejarah komputer elektronik moden memang dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya.
Abacus Abacus mungkin alat hitung manual pertama di dunia. Abacus (mungkin) telah ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu. Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan perbisnesan moden. Sekarang abacus lebih di kenal sebagai cipoa. Sebenarnya, abacus berasal dari Mesir, tetapi oleh orang Cina dibawa ke negerinya sehingga berubah namanya menjadi cipoa.
Pascaline Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa, tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut, sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin.
Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.
Babbage’s Folly Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.
Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol.
Peralatan Punched-card Punched-card Pertama Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang, alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.
Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace menilai punched-card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan).
Munculnya Pemrosesan Data Otomatis The U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.
Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.
Electromechanical Accounting Machine Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan jangkauannya, pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM).
Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat), pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record). Walaupun pemrograman interaktif dan on-line data entry telah membuat punched-card secara ekonomis usang, kita masih bisa menemukannya di tempat terpencil (mungkin tidak di Indonesia).
Keluarga dari mesin punched-card Electromechanical Accounting Machine (EAM) tersedia dengan card punch, verifier, reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator, dan mesin akunting. Kebanyakan dari alat-alat tersebut di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja.
Pemrosesan Punched-card Ruangan mesin yang menggunakan punched-card telah membuka lowongan kerja. Beberapa ruangan tersebut mirip sebuah pabrik. Punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya dengan menggunakan gerobak tangan. Tingkat kebisingannya tidak jauh berbeda dengan sebuah pabrik mobil.
Untuk mempersiapkan arsip-arsip punched-card yang akan diproses, kartu-kartu tersebut harus sudah tersortir dan tersusun. Karena setiap alat-alat punched-card beroperasi secara bebas, beberapa langkahnya disebut “langkah-langkah mesin” yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran. Dalam sekali langkah, tiap arsip membaca satu kartu dalam satu waktu. Pada kebanyakan sistem informasi modern, hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja yang diproses, biasanya dalam satu langkah.
Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi komunikasi.baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. teknologi informasi dan teknologi ini sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat juga tidak kalah pesatnya di banding dengan Negara Negara lain. Komunikasi yang dahulu identik dengan penggunaan kabel pun mulai ditinggalkan. Untuk mengakses informasi secara cepat, kini manusia tidak lagi bergantung pada teknologi ‘kabel’. Sebagai gantinya, jaringan nirkabel (tanpa kabel) kini telah menggeser peranan jaringan berkabel.berkabel.
Di dunia Komputer saat ini banyaknya bermunculan komputer komputer dengan teknologi canggih mulai dari komputer dengan layar tabung biasa sampai dengan layar LCD yang sangat tipis. Sekarang ini juga banyak sekali di jual. Untuk Komputer versi Portabelnya atau yang lebih sering disebut laptop sekarang ada keluaran jenis terbarunya berbentuk buku. Memiliki layar sentuh dan menggunakan teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital Produk ini juga sering disebut PC Tablet.
Untuk dunia Mobile sekarang Handphone  sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia Sebagai alat komunikasi,Dulu handphone hanya dimiliki oleh orang kaya dan orang tertentu saja. tapi sekarang handphone telah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi komunikasi masyarakat. Perkembangan teknologinya pun semakin cepat. Handphone  sebagai sebuah media komunikasi masa kini .Sekarang Fungsi Handphone selain berfungsi untuk alat komunikasi juga bisa untuk Internet, multimedia dan entertainment sekaligus. Hal ini tentunya memberikan kemudahan sekaligus nilai tambah bagi masyarakat pemakainya.
Untuk keperluan pengaksesan data dan informasi. Teknologi yang sangat berperan dalam pengembangan generasi nirkabel ini antara lain adalah teknologi Wi-Fi dan 3G. Sekarang ini Hampir semua Smartphone dan Laptop sudah memiliki fasilitas Wi-Fi dan 3G. sehingga memudahkan kita untuk mengakses internet dimana pun berada.
Seiring perkembangan Zaman Teknologi informasi dan komunikasi ini sangat berperan penting dalam tingkat kehidupan  di masyarakat suatu negara atau daerah sehingga dalam penerapannya menimbulkan dampak dan akibat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini terutama dibidang informasi dan komuniksi sehingga orang sekarang ini dapat sangat mudah untuk mengakses dunia maya dimana pun berada baik lewat handphone atau pun laptop. dengan kemudahan tersebut kalau tidak diikuti dengan pengawasan yang ketat dari kita semua maka juga akan berdampak negatif terutama terhadap anak anak. Jadi ini menjadi tugas kita semua untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai mana mestinya agar bermanfaat dalam kehidupan kita semua.

Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik, begitu juga dengan penemuan teknologi komputer. Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut, sehingga kita dapat membagi perkembangan teknologi komputer dalam beberapa generasi sebagai berikut :
Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)


Komputer generasi pertama lazimnya digunakan khususnya untuk tujuan saintifik. Oleh kerana ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemprosesan data dan harganya yang tinggi, ramai yang menganggap bahawa komputer akan kekal sebagai suatu alat yang digunakan untuk tujuan yang saintifik saja, bukan untuk kegunaan umum.
Komputer-komputer generasi pertama menggunakan tiub-tiub vakum untuk memproses dan menyimpan maklumat. Tiub vakum berukuran seperti mentol lampu kecil. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar. Beribu-ribu tiub vakum diperlukan pada satu masa supaya setiap yang terbakar tidak menjejaskan operasi keseluruhan komputer. Komputer juga menggunakan tenaga elektrik yang banyak sehingga kadang-kadang menyebabkan gangguan pada kawasan sekelilingnya.
Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
Cepat panas.
Proses kurang cepat.
Kapasitas penyimpanan kecil.
Memerlukan dya listrik yang besar.
Orientasi pada aplikasi bisnis.
Yang termasuk komputer generasi pertama antara lain :
UNIVAC II (pabrik pembuatnya Sperry Rand – Univac)
Datamatic 1000 (pabrik pembuatnya Honeywell)
Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (pabrik pembuatnya International Business Machine)
CRC, NCR 102A, NCR 102D (pabrik pembuatnya National Cash Register)
BIZMAC I, BIZMAC II (pabrik pembuatnya RCA)

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor didapati lebih baik kerana ia tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tiub vakum. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetik. Teras magnetik menggunakan besi – besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemprosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Ini menjadi komputer lebih pantas menjalankan tugasnya. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal.
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Sirkutinya berupa transistor.
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
Proses operasi sudah cepat.
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Komputer generasi kedua diantaranya adalah :
UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 9pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)
Burrouhgs 200 (pabrik pembuatnya Burroughs)
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600
NCR 300 (pabrik pembuatnya National Cash Register)
Honeywell 400, Honeywell 800
CDC 1604, CDC 160A (pabrik pembuatnya Control Data Corporation)
GE 635, GE 645, GE 200 (pabrik pembuatnya General Electric)

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Intergrated Circuit (lebih dikenali sebagai IC) merupakan satu rangkaian litar elektronik lengkap dalam satu cip silikon yang kecil. Ia mula digunakan pada tahun 1965. Satu IC mampu menggantikan satu papan litar yang penuh dipasang dengan transistor-transistor, di mana IC tersebut lebih kecil bentuknya daripada transistor tersebut. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.
Jenis terkecil dalam famili komputer, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini. Mikrokomputer menjadi lebih cepat popular seperti jenama Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair. Mikrokomputer didapati amat praktikal kepada semua peringkat masyarakat kerana bentuknya lebih kecil, harga yang murah dan kemampuannya yang cukup hebat. Sebuah mikrokomputer berupaya mengatasi komputer ENIAC dalam menjalankan sesuatu tugas. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer dibekalkan dengan bahasa secara bina-dalam di dalam cip ROM untuk membolehkan bahasa BASIC digunakan. Ini menjadikan BASIC bahasa pemrograman yang paling popular pada mikrokomputer.


Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
Peningkatan dari softwarenya.
Pemrosesan lebh cepat.
Kapasitas memori lebih besar.
Penggunaan listrik lebih hemat.
Bentuk fisik lebih kecil.
Harga semakin murah.
Komputer generasi ketiga diantaranya adalah :
UNIVAC 1109, UNIVAC 9000
Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700
GE 600, GE 235
CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000
PDP-8, PDP-11 (pabrik pembuatnya Digital Equipment Corporation)

Komputer Generasi keempat (1970 – 1990)

Generasi komputer ke empat dikarakteristikan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Karena setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
§ Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
§ Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Komputer generasi keempat diantaranya adalah :
IBM 370
Apple II
IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486
IBM Pentium II

Komputer Generasi kelima (sejak 1990 an)

Generasi kelima dalam siri evolusi komputer mungkin belum terwujud dan ia merupakan komputer impian masa depan. Bentuk komputer generasi kelima adalah lebih kompleks yang nantinya diharapkan mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Komputer generasi ini juga mempunyai ingatan yang amat besar supaya membolehkannya menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia. Komputer impian ini dijangka mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.
Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.

KOMPUTER GENERASI KE ENAM ( Masa Depan KE-6)


Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.Untuk memperkirakan perkembangan teknologi dengan akurat memanglah sulit. Kalau diamati perkembangan dari generasi ke generasi, perkembangan teknologi dari tahun ke tahun meningkat dengan sangat cepat. Beberapa ilmuwan berkeyakinan bahwa suatu saat akan ditemuikan suatu komponen yang terbuat dari sintesa protein yang akan disebut dengan biochip.
Teknologi merupakan hal baru bagi manusia yang mempengaruhi kehidupan manusia dimasa kini. Teknologi kebanyakan dianggap baru oleh masayrakat luas,namun hal ini tidak benar adanya,dimana pada zaman cdahulu telah dikenal kapak sebagai alat pemotong, batu sebagai alat pemecah, galah sebagai alat pemetik buah,sesungguhnya semua hal itu adalah teknologi, hanya saja teknologi masih sederhana. Teknologi diartikan suatu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan manusia. Perkembangan teknologi  dimasa dahulu hinggan masa sekarang  telah melewati berbagai proses yang panjang hingga keberadaannya  kini sangat mempengaruhi kegiatan umat manusia dalam melakukan kegiatan  sehari-hari. Tuntutan tinggi manusia sebagai penghubung interaksi antar sesamanya mempengaruhi penggunaan teknologi menjadi sebuah alat berkomunikasi,khususnya sejak ditemukannya alat komunikasi oleh ilmuan Amerika Alexander Graham bell yaitu telepon. Telepon merupakan alat komunikasi yang pada dasarnya diaplikasikan secara lisan dimana lokasi penggunanya tidak pada satu tempat yang sama. Seiring meningkatnya kebutuhan manusia terhadap komunikasi,kebutuhan dalam informasi pun melonjak sehingga teknologi komuniasi dan informasi berkembang  menjadi barang yang amat dibutuhkan dalam sosialisasi masyarakat yang lebih mutakhir. Seiring  dengan terciptanya sebuah alat komunikasi,perkembangan software dan hardware dalam dunia teknologi tidak terpaku oleh satu barang yang telah tercipta. Perpaduan antara software dan hardware ini akhirnya membentuk suatu perangkat yang disebut computer (personal computer) sebagai titik baru perkembangan teknologi,khususnya dalam hal informasi dan komunikasi.
Banyak pendapat yang mengemukakan bahwa teknologi akan berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia terhadap komunikasi dan informasi umum di dunia luar,sehingga dengan tuntutan manusia yang serba membutuhkan,akhirnya umat manusia saling mencukupi kebutahan antar sesamanya dalam kaitannya dengan komunikasi dan informasi. Beberapa sumber menyatakan ,bahwa perkembangan teknologi dilandasi dengan tingkat kebutuhan manusia akan pendidikan dan pengetahuan,yang mana kedua hal tersebut tidak terbatasi oleh lingkup pengajar melainkan juga dapat diperoleh dalam lingkup informasi dari luar.Pengaplikasian pencukupan kebutuhan manusia akan informasi ini akhirnya memprofokasi munculnya sebuah jaringan dalam lingkupinternasional yang menyediakan layanan komunikasi atau juga informasi yang kini dikenal dengan internet (international network) yaitu jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain,dengan dilengkapi dengan alamat pada setiap halamanya seperti www dan http;//, sehingga dapat saling berhubungan,berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi merupakan akibat dari globalisasi dimana semua manusia menuntut mengetahui apa yang terjadi,apa yang akan terjadi dan apa yang telah terjadi. Dengan tersedianya internet, hubungan social manusia kini tidak menyempit hanya dalam lingkup masyarakat social saja,melainkan meliputi interlolak,nasional,bahkan internasional dapat dijangkau dalam waktu yang relative singkat dan jarak yang relative dekat sehingga terbentuklah sebuah ide dimana hubung social manusia ini diwadahkan dalam suatu media yang berbasis internet yang sering disebut jrjaring social dimasa sekarang. Dengan adanya berbagai jejaring social yang terdaftar dalam internet, interaksi anatar manusia dapat dijangkau secara mudah layaknya kegiatan surat-menyurat ataupun berbicara yang bertujuan untuk mengetahui atau memberikan informasi kepada orang lain,sehingga komunikasi berlangsung praktis dan mudah seperti sekarang ini. Dimasa sekarang ini,teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi sangat digantungkan oleh masyarakat karena kemudahan dan kepraktisan penggunaanya.Untuk melakukan transaksi saja manusai dimasa sekarang hanya tinggal mengirim email saja atau menulis tanda pemesanan barang pada website tempat barang dijual,atau untuk mengatahui kabar teman atau kerabat saja hanya tinggal menekan tombol pada telepon saja atau pada handphone.
Teknologi informasi dan komunikasi dimasa kini layaknya benda yang tau dan mengrti segalanya, sehingga dengan segala sesuatu pengetahuan yang dimuatnya teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan juga sebagai wadah pendidikan baik formal maupun nonformal. Sebagai bukti kegunaannya dalam hal pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan setiap penggunanya mendapatkan informasi yang mendidik, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library merupakan contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal pendidikan yang terpampang pada wikipedia,web khusus ilmu pengetahuan. Pendidikan elektronik memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Seperti halnya pada e-book, dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional dan mempermudah proses edukasi bagi penggunanya.
Dari fakta yang telah dimuat pada penjelasan diatas, nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi untuk mempermudah setiap kegiatan yang dilakukan manusia sebagai penggunanya. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Meskipun terdapat kemudahan dalam akses informasi,tetap saja hal tersebut memunculkan kontroversi,baik sisi positif ataupun sisi negatifnya. Dari segi positifnya,teknologi informasi dan komunkasi memungkinkan setiap pengguna mampu berkomunikasi dengan pengguna lain dalam lingkup yang luas,bahkan seluruh dunia, memungkinkan para penggunanya untuk bertukar informasi satu sama lain dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, sebagai media untuk mencari informasi atau data, dengan adanya internet segala informasi akan mudah diketahui sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi, sebagai sumber informasi dalam bidang pendidikan, Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat transakasi. Selagala sesuati yang memiliki dampak positif,tentunya memiliki dampak negatife, begitu juga dengan perkembangan teknologi,antara lain : Penipuan yang dilakukan melalui internet seperti halnya iklan-iklan pada header website yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan, perjudian terselubung yang merajalela via internet memungkinakan berkembang dengan pesat, sama seperti halnya narkoba, penggunaan teknologi khususnya  teknologi informasi dan komunikasi dimungkinkan efek adiksi bagi penggunanya terutama yang menyangkut pornografi yang akan memakan dana yang besar bagi pecandinya.
Sebagai penulis,saya juga memiliki banyak pendapat tentang teknologi,bahwa teknologi memang penting dalam kelangsungan hidup manusia baik dalam hal ekonomi,bisnis,dan ilmu pengetahuan,namun tidak sepantasnya teknologi digunakan dalam hal yang tidak sepantasnya. Sampai sekarang ini saya sebagai penulis pun belum begitu menguasai teknologi,khususnya teknologi informasi dan komunikasi dalam hal software baik multimedia ataupun komunikasi dan informasi. namun ada bebearapa software yang bisa saya operasikan,diantaranya jet audio yaitu software multimedia yang mampu melakukan beberapa performance dalam hal audio seperti convert audio,convert video dan juga recording dan tracking. Photoshop,corel draw, dan photoscape merupakan software dalam bidang photo editing yang ingin saya kuasai karena bawasanya photo editing software merupakan software yang paling sulit saya kuasai,selain itu juga microsoft office untuk menunjang pekerjaan dimasa mendatan
Komputer perkakasannya merupakan komponen penting proses pengiraan dan simpanan data sejak ia mula dicipta. Komputer telah berkembang dari satu peralatan mekanikal berubah kepada menggunakan tiub vakum, kepada litar elektronik dalam tempoh masa yang singkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar